• Kontak Kami
  • Hotline : 082111973742
  • SMS : 082111973742
  • BBM : 53B29027

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Hati-Hati Terhadap Segala Bentuk Penipuan, Baik Melalui SMS atau Telpon, Media Sosial Yang Mengatasnamakan NATURALTOKO, untuk Konfirmasi Silahkan Hubungi Call Center kami di 0821-1197-3742, Terima Kasih. Informasi Pendaftaran Member/Resell silahkan hubungi Call Center 0821-11973742, Terima Kasih
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Membuat Pupuk Organik Padat

Cara Membuat Pupuk Organik Padat

Diposting pada 26 September 2017 oleh admin
Membuat PupukOrganik Padat

Membuat Pupuk Organik Padat

Membuat Pupuk Organik Padat – Pupuk organik  adalah pupuk alami yang terbuat dari bahan-bahan organik seperti kotoran hewan atau unggas, sampah, dedaunan, sisa-sisa tanaman seperti jerami padi, batang jagung sisa panen dan masih banyak lagi bahan lain yang sebenarnya tidak terlalu sulit diadakan.

Pupuk sahabat tani ini secara fisik berbentuk padat dan cair, pupuk yang ramah lingkungan dan tidak membutuhkan biaya yang tinggi dalam pembuatannya. Petani pada umumnya lebih senang menggunakan pupuk organik daripada pupuk kimia, karena pupuk berbahan organik ini selain harganya murah juga sudah terbukti dapat mengembalikan kesuburan tanah yang hilang akibat penggunaan pupuk kimia yang berlebihan.

Adapun cara membuat pupuk organik padat dan cair sebenarnya tidak terlalu sulit, bahan-bahannya juga mudah ditemukan disekitar tempat tinggal kita. Terus bagaimana cara membuatnya ?. Dari beberapa petani yang saya temui, cara membuat pupuk organik padat maupun cair, ternyata masing-masing mereka punya cara yang berbeda-beda.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan cara membuat pupuk organik padat yang lebih mudah dan tidak membutuhkan peralatan modern sebagaimana yang sering Anda temukan di tempat lain. Sedangkan untuk cara membuat pupuk organik cair mungkin pada artikel berikutnya saya akan coba untuk berbagi dengan Anda.  Baik, mari kita mulai bagaimana cara membuatnya dan bahan apa saja yang diperlukan..?

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Pupuk Organik Padat

Dalam pembuatan pupuk organik padat, kita membutuhkan bahan – bahan organik baik dari kotoran hewan, unggas maupun dari sisa-sisa organ tanaman  serta bahan pendukung lainya. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membedakan 2 bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu bahan utama ( bahan organik)  dan bahan pendukung.

Baca juga ini : Pupuk Organik Padat

  • Bahan Utama ( Organik )

  1. Kotoran kambing

Kotoran kambing  yang kita  pergunakan adalah kotoran kambing yang sudah didiamkan selama kurang lebih dua minggu, jadi bukan kotoran kambing yang benar-benar masih baru.

  1. Sisa-sisa potongan rumpuk atau batang  jagung

Sisa-sisa potongan  rumpuk sebaiknya yang sudah layu atau yang sudah mati/kering daunnya.

  1. Dekomposer Super Aktif ( DSA)
  2. Air

Bahan tambahan yang dibutuhkan untuk mempercepat proses pembuatan pupuk organik padat. Bahan ini banyak tersedia di toko-toko tani didaerah  Anda.

  • Bahan pendukung

  1. Plastik penutup
  2. Wadah/Bak Tembok/Cor, ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan
  3. Papan penutup

Komposisi Bahan untuk Membuat Pupuk Organik Padat

Komposisi bahan yang kita pergunakan  adalah  dua banding satu (2 : 1), misalnya 50 kg kotoran kambing (50%) dan 25 kg  potongan rumput (25%), atau bisa juga dua gerobak kotoran kambing dan satu gerobak potongan rumpuk. Jadi kita saja yang perkirakan sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian bahan tambahan Dekomposer Super Aktif ( DSA) perbandingannya  adalah satu banding  lima puluh ( 1 : 50 ), maksudnya  1 liter Dekomposer Super Aktif (DSA) dicampur dengan 50 liter air.

Langkah-langkah Membuat Pupuk Organik Padat

Ketika semua bahan yang dibutuhkan sudah siap baik bahan utama maupun bahan pendukung, maka selanjutnya kita mulai membuat pupuk organik padat. Perhatikan baik-baik agar hasilnya memuaskan.

Langkah pertama adalah mencampurkan antara pupuk kandang dengan bahan organik (sisa tanaman ). Caranya, letakkan sisa potongan rumput pada wadah/bak tingginya sekitar 20 cm lalu ratakan. Setelah itu letakkan kotoran kambing diatasnya lalu ratakan. Jika sudah rata, siram dengan Dekomposer yang sudah dilarutkan dengan air secara merata.

Langkah kedua dan selanjutnya sama dengan langkah pertama, yaitu letakkan dengan urutan sisa potongan ( Ratakan ) – kotoran kambing ( Ratakan ) – kemudian siram lagi dengan dekomposer super aktif ( DSA ) secara merata hingga semua bahan habis.

Jika semua proses diatas sudah dilakukan maka langkah selanjutnya adalah tutup dengan plastik lalu letakkan papan penutup dengan rapat agar plastiknya tidak terbuka selama proses pembuatan.

Satu minggu kemudian buka papan dan plastiknya lalu aduk dengan menggunakan cangkul, hal ini penting untuk dilakukan untuk memastikan bahwa setiap lapisan kelembabannya bisa merata. Apabila ada diantara lapisan yang belum merata kelembabannya, maka siram secara merata dengan air biasa lalu tutup kembali dengan plastik dan papan penutup.

Minggu kedua kita lalukan hal yang sama dengan minggu pertama. Setelah tiga minggu buka papan penutup dan plastikny. Nah..sekarang pupuk kompos atau pupuk organik padat yang telah anda buat siap digunakan. Indikasinya pupuk kompos tadi berubah menjadi padat dan warnanya lebih hitam serta semua bahan-bahan utama sudah bercampur atau menyatu sama sama lain serta sudah tidak panas lagi.

Cara mengaplikasikan pupuk Organik Padat.

Bagaimana cara mengaplikasikan pupuk organik padat ? Lebih jelasnya simak penjelasan singkat dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian ( BALITBANTAN ) Jambi pada video berikut ini :

 

Bagaimana ? Anda sudah tonton videonya ? atau sudah praktek ? Saya nantikan tanggapan Anda, silahkan komentar pada kolom komentar yang tersedia, terima kasih.

Pengunjung Juga Mencari:

  • cara menggunakan dekomposer superaktif
  • langkah langkah membuat pupuk organik padat
  • urutan langkah langkah yang tepat membuat pupuk organik tersebut adalah

Bagikan informasi tentang Cara Membuat Pupuk Organik Padat kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Membuat Pupuk Organik Padat | NaturalToko.com

4 komentar untuk Cara Membuat Pupuk Organik Padat

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
OFF 27%
Rp 55.000 Rp 75.000
Ready Stock / HBO
Best Seller
OFF 21%
Rp 110.000 Rp 140.000
Ready Stock / UNARM
SIDEBAR