• Kontak Kami
  • Hotline : 082111973742
  • SMS : 082111973742
  • BBM : 53B29027

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tetap Buka
Hati-Hati Terhadap Segala Bentuk Penipuan, Baik Melalui SMS atau Telpon Maupun Melalui Media Sosial Yang Mengatasnamakan NATURALTOKO, untuk Konfirmasi Silahkan Hubungi Call Center kami di 0821-1197-3742, Terima Kasih. Informasi Pendaftaran Member/Resell silahkan hubungi Call Center 0821-11973742, Terima Kasih
Beranda » Artikel Terbaru » 5 manfaat pupuk organik cair bagi tanaman sawit

5 manfaat pupuk organik cair bagi tanaman sawit

Diposting pada 15 November 2017 oleh admin

Di artikel ini saya akan jelaskan tentang 5 manfaat pupuk organik cair bagi tanaman sawit . POC selain bisa memulihkan sifat fisik, kimia, dan biologi tanah, POC ini juga membantu meningkatkan produksi tanaman, menyusutkan pemakaian pupuk anorganik dan sebagai pilihan pengganti pupuk kandang.

5 manfaat pupuk organik cair bagi tanaman sawit

5 manfaat pupuk organik cair bagi tanaman sawit

Untuk mengoptimalkan hasil, pupuk organik cair dapat dijadikan juga sebagai pelengkap jika kamu menggunakan pupuk organik bahenol.

Baca juga ini :

Sebab POC inilah yang akan melengkapi unsur mikro bagi pertumbuhan tanaman, terutama mendekati waktu tanaman panen.

5 manfaat pupuk organik cair bagi tanaman sawit

Penggunaan pupuk organik cair selain menguntungkan dari segi biaya, pun sangat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan.

Berikut kemaslahatan pupuk organik cair :

  1. dapat mendorong dan meningkatkan pembentukan klorofil daun dan pembentukan bintul akar pada tanaman leguminosae sehingga meningkatkan daya fotosintesis tanaman dan penyerapan nitrogen dari udara
  2. dapat meningkatkan vigor tanaman sehingga tanaman menjadi kokoh dan kuat, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap kekeringan, cekaman cuaca dan serangan patogen penyebab penyakit.
  3. merangsang pertumbuhan cabang produksi.
  4. meningkatkan pembentukan bunga dan bakal buah, serta
  5. mengecilkan gugurnya daun, bunga dan bakal buah.
    pupuk organik cair sangat baik jika langsung disemprotkan pada batang, daun, bunga dan buah. ini berbeda bersama pupuk organik penuh yang ditaruh dalam tanah secara langsung.
  6. Ramah lingkungan
  7. Meningkatkan aktivitas mikroorganisme tanah yang menguntungkan.
  8. Dapat memperbaiki struktur tanah, sehingga tanah menjadi gembur.
  9. Hemat Biaya

Pupuk organik cair pun sebagai alternatif dari tingginya harga berbagai pupuk kimia. Tanaman sayuran yang memanfaatkan pupuk organik cair sangat sehat untuk dikonsumsi, karena kandungan kimianya sangat rendah. Berbeda atas pemanfaatan pupuk kimia.
Harga pupuk organik cair berkisar antara 25. 000 sampai 50. 000 per liternya. Tentunya biaya itu sanggup kita hemat oleh tips membuat sendiri pupuk organik cair. Disini akan saya ulas tentang dengan lengkap trik membuat pupuk organik cair secara sederhana dan biaya ekonomis serta kualitas lebih baik.

5 manfaat pupuk organik cair bagi tanaman sawit

Bahan yang perlu disediakan :

  1. Limbah rumah tangga sebagai bahan organik yang berisi nitrogen seperti sayuran yang sudah basi, sisa nasi, ampas parutan kelapa, buah-buahan bedan dan segala jenis limbah rumah tangga organik lainnya
  2. Bonggol pisang.
  3. Kotoran hewan ternak seperti kotoran kambing, sapi, ayam, babi dan lain-lain.
  4. Tetesan tebu, supaya banyak dapat ditambah air secukupnya.
  5. Bubuk gergajian kayu
  6. Dekomposer (mikroba pengurai)

Peralatan yang dibutuhkan :

  1. Jerigen/geleng air
  2. Pisau potong
  3. Ember/tong plastik yang ada tutupnya.

Semua peralatan yang dipergunakan harus berbahan plastik agar hasil fermentasinya tidak tercemari oleh zat berbahaya dari bahan bawaan peralatan tersebut. Hal ini harus diamati agar pupuk organik cair yang kamu buat berkualitas.

5 manfaat pupuk organik cair bagi tanaman sawit

Pencucian bahan

 5 manfaat pupuk organik cair bagi tanaman sawit

Jikalau bahan dan alat yang di perlukan sudah terkumpul, selanjutnya adalah mengumbah bahan dan peralatan. hal ini harus dilakukan agar terhindar dari tercampurnya materi-materi utama oleh zat berbahaya yang ada dalam limbah rumah tangga tadi karena dapat mengambat proses fermentasi. cucilah atas air yang bersih. bersihkan secara menyeluruh pada semua rataan bahan dan alat dari kotoran yang menempel pada dinding bahan dan alat agar benar-benar bersih dari zat besi dan atau zat berbahaya lainnya.

Pencincangan dan pelarutan bahan

 5 manfaat pupuk organik cair bagi tanaman sawit

Setelah semua bahan dan alat dijamin bersih. Langkah selanjutnya adalah Anda memotong-motong bahan yang sudah kamu cuci. tujuannya agar proses fermentasi berlangsung secara sempurna. dalam mencincang atau memotong bahannya usahakan jangan terlalu besar, semakin kecil cincangan atau potongannya maka proses fermentasi akan bepergian lebih sempurna.

proses pembuatan pupuk organik cair

 5 manfaat pupuk organik cair bagi tanaman sawit

Sekarang aku anggap semua langkah-langkah sebelumnya sudah selesai. Sekarang masanya kami melakukan langkah selanjutnya yang merupakan kegiatan inti dari semuanya, proses pengerjaan pupuk organik cair sebenarnya cukup sederhana.

Ikuti petunjuk secara berurutan cara membuat pupuk organik cair berikut ini :

  1. larutkan bioaktivator seperti em4 sebagai mikroba kedalam air secukupnya. tambahkan pemanis alami gula merah, gula pasir, atau air tebu. diamkan minimal 20 menit untuk membangkitkan mikroba.
  2. masukkan kotoran ternak segar kedalam tong/ember plastik
  3. masukkan bahan bahan yang sudah saya cincang tadi dan campurkan ratakan kedalam tong/ember
  4. masukkan semua bahan – bahan sintal lainnya dan campur latar.
  5. tuangkan larutan bioaktivator yang telah dipersiapkan sebelumnya. kalau mesti tambahkan terasi untuk lebih mempercepat proses pengurain pupuk organik cair.
  6. masukkan air kencing, air cucian beras, air rendaman ikan dan bahan cair lainya kedalam ember bekas, aduk hingga merembet
  7. tambahkan air secukupnya, perumpamaan air adalah 35 % cair dan 65 % bahenol. aduk pelan-pelan mengenakan tongkat kayu

Setelah semua langkah diatas selesai. Tutup tong plastik atas rapat lalu masukkan selang lalui tutup tong yang telah diberi saung gaung. rekatkan tempat selang atas tutup tong plastik sehingga tidak ada celah udara. biarkan ujung selang yang lain masuk kedalam botol yang telah diberi air. untuk lebih jelasnya perhatikan sketsa dibawah ini.

Tetapkan tidak ada gua sekecil apapun dalam tong dan selang yang mengarah ke botol. karena reaksinya akan berlangsung secara anaerob, fungsi selang untuk menyetabilkan suhu adonan pupuk organik cair yang kami buat bersama membuangnya melalui ujung butol yang diberi air tanpa harus ada udara luar yang mampu masu kedalam tong plastik.
Diamkan selama kurang lebih sepuluh hari, setelah sepuluh hari, lihat apakah pupuk organik cairnya sudah matang, jika ternyata belum matang tutup balik sama rapat. tanda kalau sudah matang adalah apabila bau dari pupuk menyerupai aroma fermentasi tape.

Sebenarnya tidak ada aturan waktu yang baku berapa lambat proses fermentasi menjadi pupuk organik, namun kalau lebih dari satu bulan aroma pupuk belum menyerupai tape berarti pabrikasi pupuk cair telah kandas, meski kemungkinan kalah sangat jarang terjadi. semua tergantung karangan bahan dan suhu udara disekitar tempat fermentasi.

Melangsungkan proses penyaringan

.Setelah fermentasi selesai yang harus kita lakukan adalah memisahkan cairan dan ampasnya. kita dapat menyaringnya menggunakan kain tipis yang penting ampas dari bahan tadi terpisah oleh cairannya. masukkan cairan dalam kedalam jrigen dan tutup rapat untuk menghindari pupuk bertukar. untuk ampas kami sanggup gunakan sebagai pupuk organik denok.

5 manfaat pupuk organik cair bagi tanaman sawit

Pemanfaatan pupuk organik cair

Ketika memanfaatkan gunakan proporsi 20 ml pupuk organik cair dicampur dengan 5 liter air. atau 1 liter pupuk organik cair sama 100 liter air. semua itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman, sepertinya sebagian tanaman mumbutuhkan dosis lebih besar. jadi silahkan bereksperien sendiri untuk berbagai jenis tanaman serta faktor ketinggian, suhu dan lainnya.
hindari penerapan yang berlebihan pada tanaman karena dapat mengakibatkan tanaman mati. tapi pemakaian pupuk organik cair ini relatif aman. pupuk organik cair digunakan pada daun, bunga atau batang sama interval waktu satu minggu satu kali, atau tiga hari sekali ketika periode hujan, takaran penyemprotan ini haruslah disesuaikan sama jenis tanaman yang akan disemprot.

5 manfaat pupuk organik cair bagi tanaman sawit

Namun jika kamu tidak ingin direpotkan dengan mengumpulkan bahan dan alat serta proses trik membuat pupuk organik cair yang lama dan tidak terjamin kualitasnya, maka saya sarankan kepada kamu untuk menggunakan pupuk organik cair dari PT. Nasa.

Mengapa pupuk organik cair dari PT. Nasa ?

Pupuk organik cair Produk dari PT. Nasa terjamin kualitasnya dan harganya bisa dijangkau serta langsung diaplikasikan. Hebatna lagi dalam 1 liter POC NASA memiliki fungsi unsur hara mikro setara dengan 1 ton pupuk kandang. Sebagai informasi untuk Anda, saya bagikan manfaat pupuk organi cair PT. Nasa yang saya kutip di situs distributor resminya di sini Jual pupuk organik cair

Manfaat Pupuk Organik Cair (POC Nasa)

.

 5 manfaat pupuk organik cair bagi tanaman sawit

Berikut 12 faedah pupuk Organik Cair (POC Nasa) :

1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi tanaman serta kelestarian lingkungan/tanah ( aspek K- 3 : Kuantitas – Kualitas- Kelestarian ).
2. Menjadikan tanah yang keras berangsur – angsur menjadi gembur.
3. Melarutkan sisa pupuk kimia di tanah (dapat dimanfaatkan tanaman).
4. Memberikan semua jenis unsur makro dan unsur mikro lengkap.
5. Dapat mengurangi penggunaan Urea, SP-36 dan KCl + 12,5% – 25%
6. Setiap 1 liter POC NASA memiliki fungsi unsur hara mikro setara dengan 1 ton pupuk kandang.
7. Memacu pertumbuhan tanaman dan akar, merangsang pengumbian, pembungaan dan pembuahan serta mengurangi kerontokan bunga dan buah( mengandung hormon/ZPT Auksin, Giberellin dan Sitokinin).
8. Membantu perkembangan mikroorganisme tanah yang bermanfaat bagi tanaman (cacing tanah, Penicilium glaucum dll).
9. Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap hama dan penyakit
10.Meningkatkan bobot unggas (ayam, bebek, dll), ternak besar (sapi, kambing,dll), ikan serta udang.
11.Meningkatkan nafsu makan unggas, ternak dan ikan/udang.
12.Membantu pembentukan pakan alami ikan dan udang (plankton).

Jadi Sekarang silahkan kamu pilih, mau buat sendiri atau langsung pesan yang sudah terjamin kualitasnya.
Begitulah trik membuat pupuk organik cair dengan sederhana dan hasil maksimal. tapi harus dicatat untuk membuat pupuk perangsang daun gunakan bahan organik dari jenis dedaunan. sedangkan untuk stimulus buah gunakan bahan organik dari sisa limbah buah seperti sekam padi atau kulit buah-buahan.

Referensi:

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share di media sosial pada tombol medsos di bawah ini.

Selamat mencoba. Terima Kasih.

Bagikan informasi tentang 5 manfaat pupuk organik cair bagi tanaman sawit kepada teman atau kerabat Anda.

5 manfaat pupuk organik cair bagi tanaman sawit | NaturalToko.com

Belum ada komentar untuk 5 manfaat pupuk organik cair bagi tanaman sawit

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
OFF 26%
Rp 18.500 Rp 25.000
Ready Stock / PGN
Best Seller
OFF 20%
Rp 40.000 Rp 50.000
Ready Stock / GLIO
SIDEBAR